d

Minggu, 23 September 2012

KURIKULUM 2013/Karya seni Kriya 1 Kls VII Sem 1 - 2012

KURIKULUM 2013/Jenis Karya Seni Kriya 

Seni kriya di Nusantara sangat beragam bentuk dan jenisnya. Kondisi geografis dan geopolitis sangat memungkinkan tumbuhnya karya seni yang beranekaragam yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Semuanya merupakan ciri khas budaya tradisional masyarakatnya.
Berdasarkan jenisnya, seni kriya di Nusantara dikelompokkan menjadi:

1.Seni kriya kulit, adalah kerajinan yang menggunakan bahan baku dari kulit     yang sudah proses/dimasak, kulit mentah atau kulit sintetis. 

   Contohnya: tas, sepatu,  dan lainnya

 





2.Seni kriya  ukir kayu, yaitu kerajinan yang menggunakan bahan dari kayu yang dikerjakan atau dibentuk menggunakan tatah ukir. Kayu yang biasanya bahan yang digunakan adalah: kayu jati, mahoni, waru, sawo, nangka dan lainnya

Contohnya mebel, relief dan lainnya


3.Seni kriya anyaman, kerajinan ini biasanya menggunakan bahan rotan, bambu, daun lontar, daun pandan, serat pohon, pohon pisang, enceng gondok, dll. 

  Contohnya: topi, tas, keranjang dan   lainnya



4.Seni kriya batik, yaitu seni membuat pola hias di atas kain dengan proses teknik tulis (canting) atau teknik cetak (printing). 

 Contohnya: baju, gaun dan lain-lain.

5.Seni kriya keramik, adalah kerajinan yang menggunakan bahan baku dari tanah liat yang melalui proses sedemikian rupa (dipijit, butsir, pilin, pembakaran dan glasir) sehingga menghasilkan barang atau benda pakai dan benda hias yang indah. 

  Contohnya: gerabah, piring.




















6.Desain Komunikasi Visual 
Desain komunikasi visual adalah ilmu yang mengembangkan bentuk bahasa komunikasi visual berupa pengolahan pesan pesan untuk tujuan sosial atau komersial, dari individu atau kelompok yang ditujukan kepada individu atau kelompok lainnya. Pesan dapat berupa informasi produk, jasa atau gagasan yang disampaikan kepada target audience, dalam upaya peningkatan usaha penjualan, peningkatan citra dan publikasi program pemerintah
elemen desain komunikasi visual adalah gambar/ foto, huruf, warna dan tata letak dalam berbagai media. baik media cetak, massa, elektronika maupun audio visual.

contohnya: poster,iklan di tv danlainnya 


 7. Desain Produk
Desain Produk (Industrial Design) adalah bidang ilmu/keahlian dalam perencanaan dan perancangan benda pakai/fungsional untuk memecahkan permasalahan yang berhubungan dengan produk benda bagi kebutuhan manusia, yang bertolak dari kenyamanan manusia sebagai pengguna dan perkembangan prinsip-prinsip industri yang melingkupinya.


quisseni blogspot.com  

Pilih salah satu yang kamu kagumi,jelaskan apa alasanya !

Sebutkan nama dan Kelas





































1 komentar:

  1. Saya kagum terhadap Desain Produk Karena
    Desain Produk (Industrial Design) adalah bidang ilmu/keahlian dalam perencanaan dan perancangan benda pakai/fungsional untuk memecahkan permasalahan yang berhubungan dengan produk benda bagi kebutuhan manusia, yang bertolak dari kenyamanan manusia sebagai pengguna dan perkembangan prinsip-prinsip industri yang melingkupinya. itulah pendapatku .
    Trims

    BalasHapus